8 asi booster murah meriah untuk mencukupi kebutuhan asi si bayi

Mudah lapar, capek, sering begadang, sering minum air putih, banyak makan. Merupakan hal-hal yang sering dialami oleh ibu menyusui.



Proses menyusui, merupakan proses yang menyenangkan sekaligus proses yang melelahkan, bikin ngantuk, kadang juga bikin bingung. Kok tiba-tiba asiku seret.

Sabar ya bun, menyusui memang banyak tantangannya.

Tapi pasti ada juga solusinya.

Berikut ini saya mau menuliskan beberapa asi booster murah meriah, yang mudah didapatkan, tersedia disekitar kita dan pastinya harganya terjangkau dan bahkan gratis.

1. Air putih

Untuk menjaga produksi asi, mengonsumsi air putih yang cukup, merupakan salah satu asi booster supaya produksi asi tetap terjaga. Dahulu saya kira, makan banyak sudah cukup untuk memproduksi asi, hingga bayi yang saya susui, bibirnya mengelupas, dari situ saya sadar, ternyata air putih juga sangat penting, walaupun asi sudah lancar, karena juga menjaga ibu dan bayi supaya tidak mudah dehidrasi. Tips untuk busui yang masih asi eksklusif sediakan 1 liter botol minum sebelum tidur malam, daripada tengah malam harus jalan jauh untuk mengambil air, sediakan air disebelah bunda, sebelum tidur malam.

2. Sayuran

Sayuran juga merupakan asi booster yang murah meriah ya bun, ada sawi, bayam, labu siam. Bisa dimasak beraneka ragam,bisa ditumis, bisa dijangan bening, harganya cukup terjangkau ya bun, mulai dari limaribu rupiah saja.

3. Pisang

Pisang ini bikin awet ya bun, bikin awet kenyang di perut, dan ramah kantong harganya, kalau pengalaman saya pribadi, saya biasa beli pisang yang warnanya gak terlalu kuning, supaya gak mudah busuk untuk dimakan beberapa hari kedepan. Pisang ini kalau pagi-pagi bener bener  kayak penyelamat bun, setelah malamnya diserot beberapa kali oleh si adek, pagi pagi kayak kelimpungan, padahal malamnya udah makan ugal-ugalan kalau bahasa jawa timurnya.

4. Kacang-kacangan

Kacang ini selain enak, praktis, gak bikin timbangan nganan ya bun. Biasanya yang jadi dilema para busui, gampang lapar, sudah sering menyusui, tetapi kenapa timbangan masih ke kanan. Insyaallah kalau kacang-kacangan ini bergizi, praktis, dan enak ya bun, bisa pilih kacang mete atau kacang almon bun.

5. Tahu

Tahu ini beneran bisa banget jadi asi booster ya bun, harga nya murah meriah, enak banget kalau dibuat nyemil sehabis magrib gitu, apalagi kalau habis magrib si adek udah bobok. Tahu ini makanan anti bosen, karena ada beberapa varian bisa tahu petis yang enak banget, tahu walik krenyes krenyes, tahu sumedang enak banget, tahu isi lumayan jumbo ya bun, ada juga kalau di Surabaya tahu mercon. Jadi ngiler nulisnya sambil bayangin, ini harga sepuluh ribu aja, udah lumayan yah bun, buat ngemil sekali makan. Apalagi kalau disambi nonton drakor, malah bisa ngucur itu asinya.

 6. Jeruk


Yang ke enam jeruk ya bun, jeruk ini juga ramah di kantong, bisa minta tolong paksu untuk milihkan buahnya yang cukup bagus-bagus. Kalau pengalamnku pribadi, buah ini cepet banget mengucurkan asi, cepet habis juga buahnya, jadi gak sampai busuk.

 7. Daging


Kalau ini, seminggu bisa dua kali aja bun, gagpapa, bisa ditumis bareng sawi, ataupun digoreng biasa sambil kasih sayur sop juga lezat.

 8. Yang terakhir dan tidak kalah penting, yaitu asupan mental.

Selain makanan, kondisi mental ibu juga berpengaruh ya bun, ibu yang sedih dan stress akan berpengaruh terhadap produksi asi. Bunda disini mungkin pernah dengar ya, ada ibu-ibu yang gak sarapan tapi asinya keluar banyak. Nah satunya, sudah makan sayur banyak, minum air putih banyak, tetapi tetap asinya gak keluar. Yang sering dilupakan para bunda, dan kadang para bunda juga tidak tau, jika dirinya bermasalah. Dalam artian dalam kondisi stress. 

      Masa transisi menjadi ibu memang menyenangkan dan gak mudah ya bun, dibalik ucapan selamat atas kelahiran adek bayi. Ada tangisan bayi setiap malam, yang kadang gak tau apa permasalahannya, gak mau dineneni, sering gumoh, ngajak begadang terus gak mau tidur dikasur, mintanya digendong, belum lagi bayi yang masih belum pinter nyusunya.

       Bunda yang masih kaku posisinya pas nyusuin, takut punggung anaknya patah dan banyak ketakutan lain kecapekan lain yang luar biasa, padahal masih pemulihan pasca melahirkan. Belum lagi yang kakinya bengkak ya bun. Hal-halseperti ini bun, bisa juga menghambat produksi asi, kalau gak buru-buru cari pertolongan.

Cari pertolongan ke siapa?

1. Diskusi dengan suami, bisa dengan cara gantian jaga malam ya bun, tentunya bunda harus siapin asip jika bergantian shift jaga malam menjaga si adek bayi.

2. Jika masih berlanjut kecemasannya, apalagi sampai ada rasa ingin melukai diri sendiri dan buah hati, buru-buru mencari bantuan profesional bun, karena terkadang paksu juga masih linglung dan kebingungan menghadapi kondisi istri yg baru melahirkan dan bayi yang masih beberapa hari di dunia.

Semangat ya para bunda

Sehat sehat untuk semua anak di Indonesia

Boleh banget untuk sharing asi booster alami apa yang sangat ampuh, yang bikin asi para bunda mengucur deras.

Komentar

  1. Asi booster yang mudah di dapat dan ramah dikantong. Dulu waktu anak pertama mikirnya dah macam2. Sampai minum vitamin juga. Tapi alhamdulillah, semakin ke sini, jadi lebih rileks dan memilih beberapa asi booster tips yang Bunda tulis di atas. Ternyata tahu juga bisa jadi salah satu asi booster ya, baru tahu nih.

    BalasHapus
  2. Jadi inget dulu salah satu asi booster di ajak jalan jalan suami keliling kota, biidznillah langsung basah kuyup bocor, tapi memang banyak minum air putih juga yang ditulis mbak rosyida bisa jadi booster alami

    BalasHapus
  3. Menyusui itu memang nggak mudah ya mbak
    Butuh support system
    Asi booster salah satunya
    Kalau mengalami kesulitan dalam menyusui bisa meminta dampingan kepada konselor menyusui

    BalasHapus
  4. ASI Booster ternyata ngak sulit bahkan berada dekat dengan kita ya, jadi ingat dulu aku termasuk susah ASI-nya dan hampir semua makanan yang berpotensi jadi ASI Booster aku konsumsi hahaha tapi memang sih selain ASI Booster dari asupan makanan dan minuman, support dari suami dan keluarga juga sangat penting. Semangat meng-ASI-hi buat semua new mom.

    BalasHapus
  5. Asupan mental ini sepakat banget Mbak. Seringnya saat asi nggak keluar dan keluarnya dikit bisa buat pikiran macam-macam ya? tapi bismillah berusaha bisa, ketika belum bisa terus berusaha dan bersabar. Selamat meng ASI hi bua hati.

    BalasHapus
  6. Pantas saja pas lahiran anak pertama, pepes tahu juga sering disajikan. Ternyata termasuk asi booster juga ya. Faktor mental / psikis ibu memang penting juga selain asupan makanan

    BalasHapus
  7. Nomor 1-7 murah dan mudah didapatkan, nomor 8 kayaknya butuh pemahaman dan support dari orang sekitar juga ya mbak.

    BalasHapus
  8. Wah baru tau mbaa kalau tahu juga bisa jadi asi booster, karena dari kedelai itu jg kali yahh mba

    BalasHapus
  9. Indahnya masa-masa menyusui tuh ternyata memang gak semudah yang dilihat orang lain yaa..
    Penuh suka dka dan semoga Allah mudahkan sella dengan tips yang benar. Ibu sehat dan bisa memberikan yang terbaik yang dibutuhkan anak.

    BalasHapus
  10. Wah baru tahu kalau pisang, jeruk dan daging bisa jadi ASI booster. Ternyata nggak harus melulu beli suplemen ini dan itu yaa..

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, 7 ASI booster yang ditulis di atas mudah didapatkan di sekitar kita yaa.. Nah yang kesehatan mental ini yang butuh bantuan. Selain diri sendiri yang sounding agar tetap waras, dukungan keluarga dan orang sekitar pun sangat berpengaruh.

    BalasHapus
  12. Terima kasih ilmunya, belum jd ibu dan pastinya butuh banget ilmu kayak gini ke depannya

    BalasHapus
  13. Saya termasuk yang ga bisa memberi ASI ke anak karena enggak keluar dan susah keluar ASI nya. Sudah makan semua yang di infokan orang-orang tapi tetep juga, akhirnya jadi anak sufor deh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun kebahagiaan keluarga dengan petualangan oreo wafer

Education is first step, for creating sustainable technology

Bisnis barang bekas jadi satset pakai kiriminaja