Ngobrolin ngatur keuangan rumah tangga


      Konon katanya, untuk terlihat kaya, kita harus menaikkan gaya hidup. Seperti mempunyai rumah mewah, mobil mewah, ditunjang dengan barang-barang branded. namun faktanya, 41% orang masih salah dalam mendefinisikan kaya. 
        Mindset yang salah, dalam memprioritaskan hidup yaitu memiliki gaya hidup maksimal untuk terlihat kaya. Tetapi menjadi prioritas 100 sekian, supaya sehat secara finansial. Tidak punya tabungan, tidak pernah investasi, dan gak punya dana darurat.
      Masih sering menjadi perdebatan, kalau kita punya dana yang banyak, kita harus membeli rumah dulu atau mobil dulu. Belum lagi pengeluaran untuk makan, kebutuhan sehari-hari. Belum jika hamil, perlengkapan bayi lumayan banyak dan terkadang harganya cukup pricey.
        Untuk aku, yang usia pernikahannya baru tiga tahun, terasa banget kalau gak punya ilmu keuangan sebelum menikah, itu bikin keteteran keuangan rumah tangga. Jangankan ngumpulin dana pendidikan anak, ngumpulin dana darurat saja masih rumit.
          Gak dipungkiri, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga itu perlu budget yang gak sedikit. Apalagi jika punya list yang sebesar seperti rumah dan mobil. Harus ada trik khusus dan beberapa pengorbanan ya, kalau mau punya pengelolaan keuangan rumah tangga yang sehat. Disini aku mau nulisin, tips-tips mengatur keuangan dalam rumah tangga, supaya tetep bisa terpenuhi kebutuhan sehari-hari, bisa nabung, dan punya dana darurat.

 .budgetting
Hal yang pertama kita coba list pengeluaran kita dalam satu bulan, itu apa aja jadi nanti kita tau, sisa pendapatannya berapa, tinggal dimasukkan ke tabungan yang jadi prioritas utama kita. Seperti dana pendidikan atau dana beli mobil.

.passive income
Selain kerja jadi pegawai, kita bisa juga nyambi cari pemasukkan jadi konten kreator di YouTube, instagram atau tiktok. Bisa juga uang gaji kita, kita puter untuk ngejalanin bisnis. Atau yang punya keahlian desain dan menulis, bisa apply job sebagai freelancer di beberapa website freelancer.

.masak
Masak sendiri di rumah, juga bisa jadi alternatif untuk menghemat uang bulanan, sehingga bisa menghasilkan tabungan lebih banyak. Karena terkadang, ada beberapa makanan yang di diskon oleh beberapa supermarket, contohnya makanan-makanan ugly product, yang masih layak untuk diolah. Tapi pasti, kondisi ini berbeda-beda setiap rumah tangga, ada juga beberapa rumah tangga yang justru semakin hemat karena beli makanan atau catering makanan.

.sewa mobil
Untuk rumah tangga muda seperti aku, yang masih punya anak-anak balita dan bayi. Justru kebutuhan memiliki mobil lebih tinggi daripada, kebutuhan memiliki rumah. Karena ini berhubungan dengan kesehatan anak-anak, keamanan dan kenyamanan anak-anak saat mereka berpergian. Apalagi, aku dan suamiku merantau, kita tinggal ditempat yang lumayan jauh dengan orangtua, mertua, dan saudara.
          Memiliki mobil ini, ada cerita tersendiri, untuk anak pertama saya. Yang kemana-mana hanya diajak naik sepeda motor. Hal ini, membuat anak saya memiliki ketertarikan sendiri terhadap mobil. Maklum, karena jarang memakai mobil untuk berpergian kemana-mana, jadi selalu  amazed dengan setiap mobil yang lewat. Ditambah lagi, saat berkunjung ke rumah eyangnya, anak saya sangat bersemangat jika harus duduk di teras, karena rumah eyangnya yang letaknya dipinggir jalan. Anak saya sangat semangat, menghitung jumlah mobil yang lewat atau menyebutkan warna-warna mobil yang lewat.
          Apakah benar, menyewa mobil menjadi suatu perencanaan keuangan keluarga yang tepat?. Menurut saya, menyewa mobil merupakan suatu perencanaan keuangan yang tepat, apalagi untuk keuangan rumah tangga seperti saya yang masih ngumpulin dana untuk pendidikan anak, dan khawatir jika harus berpergian dengan kendaraan umum, karena kedua anak saya masih kecil-kecil. Menyewa mobil, selain lebih hemat lebih  safety juga saat perjalanan, tidak perlu menunggu, mengantri atau oper kendaraan.
          Lalu bagaimana, cara memilih rental mobil yang tepat, kualitas bagus dan harga ekonomis?. Zaman digital saat ini, untuk menyewa mobil impian, kita cukup berada di rumah mengunggah aplikasi trevo, jangan khawatir dan ragu-ragu dengan aplikasi sewa mobil trevo ya. Karena sudah banyak ulasan tentang aplikasi trevo dari para guest.
         Cara kerja aplikasi trevo yaitu, menawarkan beberapa mobil yang paling populer dan lokasinya paling dekat dengan kita. Kita tinggal pilih, mobil impian seperti apa yang akan kita gunakan. Aplikasi trevo sudah user friendly, setelah pilih mobil kita langsung memilih tanggal penyewaan mobil. Bisa pilih pakai supir atau lepas kunci.

Sumber:
Web trevo
Instagram felicia putri tjiahsaka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun kebahagiaan keluarga dengan petualangan oreo wafer

Education is first step, for creating sustainable technology

Bisnis barang bekas jadi satset pakai kiriminaja