Sebuah trik memilih kerja cerdas


 "Ayah, ayah, ayah" panggilku kepada pak suami sampai tiga kali. Suamiku masih saja, menatap layar handphone sambil mengernyitkan dahinya.

Suami multitasking

Aku merupakan ibu rumah tangga yang saat ini diamanahi membesarkan 2 anak, yang jaraknya cukup dekat. Walaupun terasa berat, suamiku selalu andil untuk mengerjakan urusan domestik, dan mengasuh anak. Pasalnya suamiku sangat cepat menyelasaikan urusan rumah, bisa memasak sambil menjemur baju. Suamiku juga sangat ahli, menenangkan anak kita yang sedang tantrum.

Entah kenapa, jika urusan rumah, suamiku sangat bisa mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu. Tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk urusan pekerjaan.

Sebelumnya saya tuliskan dulu, apa itu yang disebut dengan multitasking. Mengutip dari detik finance, Rina Ulwia dan Esti Nurelysa dalam buku mereka, Indonesia Membaca (2019), dijelaskan bahwa multitasking adalah kegiatan yang terdiri dari dua atau lebih tugas yang harus diselesaikan secara bersamaan. 



Suamiku bekerja sebagai salah satu teknisi perbaikan alat kesehatan di perusahaan swasta Kabupaten Sidoarjo. Pekerjaan suamiku, termasuk pekerjaan yang terhubung oleh banyak orang dan banyak dokumen.

Suamiku tipe orang yang harus fokus, saat sedang melakukan pekerjaan. Pernah satu hari, karena sedang repot, aku tidak memasak saat hari tersebut. Aku mengabari suamiku lewat chat supaya membelikan makanan saat pulang kerja. Sampai di rumah ternyata nihil, suamiku tidak membeli makanan.

"Aku gak bisa fokus mah, kalau di chat waktu aku kerja." Suamiku bisa multitasking untuk urusan domestik rumah tangga. Tapi tidak bisa, untuk urusan kerja, walau sudah dipanggil berkali-kali, di chat  beberapa kali. Kalau sudah urusan pekerjaan, harus fokus. 

Pernah sesekali, aku melihat handphone suami. Ternyata memang serumit itu, urusan pekerjaan suami, mulai dari sering mengirim dokumen dalam bentuk pdf dengan beberapa rekan kerja. Pengiriman tagihan kepada beberapa klien, negoisasi harga dengan beberapa klien. Obrolan dengan beberapa rekan kerja yang butuh ketelitian dan kecepatan. Belum lagi kesalahan dalam membuat dokumen atau dokumen yang harus segera dikirim ke klien. Yang paling penting yaitu chat dengan pak bos serta pengiriman slip gaji, invoice, dan expen.



Apalagi saat itu, suamiku terlewat notif panggilan dari kliennya, baru tau beberapa jam setelah sampai di rumah.

"Mah, kok aku baru tau ya, kalau ada panggilan urusan kerja.Kok bisa gak muncul notifnya."

"Bukan gak muncul yah, emang kebanyakan aplikasi dan notifikasi urusan kerja, jadi bingung dan rumit deh."

Perusahaan saingan tempat suamiku bekerja, sudah sangat banyak. Karena suamiku bekerja dalam bidang perbaikan alat kesehatan, kalau diliat secara kasat mata, rumah sakit sangat banyak, pasti banyak peluangnya. Tidak semudah itu, suamiku dituntut untuk bekerja secara efektif dan produktif, sehingga bisa menghemat waktu, menawarkan lebih banyak, mengerjakan lebih banyak dan yang pasti menerima lebih banyak.

Karena suamiku hanya karyawan biasa di PT swasta. Wajar jika sesekali suamiku mengeluh tentang pekerjaannya yang padat, rekan kerjanya yang gak fokus jadi banyak dokumen yang salah, belum lagi omelan pakbos karena klien komplain. 



"Yah, kerja zaman sekarang harus pakai skill digital. Gak cukup, kalau hanya kerja keras, sekarang udah zamannya kerja cerdas." 

"Apa itu mah, skill digital?"

Digital skill merupakan kemampuan memanfaatkan teknologi. Seperti memanfaatkan teknologi worxspace.



Worxspace adalah salah satu produk rintisan dari gamatechno yang hadir untuk memudahkan kolaborasi dan komunikasi secara digital perusahaan.

Worxspace merupakan satu aplikasi kolaborasi yang berfungsi sebagai media informasi, komunikasi, dan kolaborasi hingga personalia perusahaan untuk menunjang produktivitas karyawan dalam perusahaan.

Apa aja sih problem komunikasi internal perusahaan 

Issue keamanan percakapan

Peretasan percakapan dan akun chat publik semakin kerap terjadi. Pengambil alihan akun  melalui berbagai cara memanfaatkan otp nomor seluler pribadi.

Chat pribadi vs pekerjaan

Urusan pekerjaan karyawan yang penting sering terlewat karena semua percakapan bercampur dengan urusan lain di satu platform. 

Tidak ada channel resmi personalia perusahaan

Perusahaan tidak memiliki platform personalia secara eksklusif yang mempermudah komunikasi dan interaksi dengan karyawan secara mudah dan efektif .

Multiple tools untuk satu pekerjaan

Banyaknya tools terpisah pendukung pekerjaan membuat karyawan terlalu banyak switching ke aplikasi. Kurang efektif dan kesulitan dalam hal dokumentasi yang terpisah.


Kelebihan aplikasi worxspace 

Platform chat yang dirancang khusus untuk kolaborasi internal 

Personal chat

Percakapan personal dengan kemudahan akses kontak seluruh karyawan perusahaan.

Group chat

Fitur official group chat berdasarkan departemen maupun buat group sendiri secara lebih fleksibel.

Chat bot

Optimalkan fungsi percakapan internal perusahaan dengan menggunakan automasi chat bot yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Broadcast message

Miliki channel broadcast chat sendiri untuk menyebarkan informasi satu arah. Atur, pilih dan setting penerima berdasarkan struktur perusahaan, jabatan, rule atau apapun sesuai kebutuhan perusahaan tanpa biaya tambahan. 



Manajemen penugasan yang mudah dan powerful

Task dan event

Assign tugas, kolaborasi dan membuat agenda pekerjaan menjadi lebih mudah. Dibekali fitur tagging karyawan, notifikasi, comment untuk memastikan semua tim bekerja dengan baik. 

Notes

Buat catatan sendiri atau bersama. Beri akses ke seluruh tim untuk memudahkan kolaborasi. Dibekali attachment, kolom diskusi, tagging dan manajemen role user.

Calendar

Seluruh timeline aktivitas, meeting maupun penugasan ada di satu kalender yang terintegrasi. Pastikan semua berjalan sesuai rencana.



Aplikasi hr worxspace smart personalia. Ringankan tugas personalia. Beri layanan terbaik karyawan anda

Leave dan approval

Kemudahan pengajuan cuti dan ijin karyawan melalui mekanisme approval berjenjang.

Employee onboarding

Berbagai fitur di aplikasi yang memudahkan karyawan baru untuk lebih cepat beradaptasi dengan perusahaan.

Personalia chat bot

Memudahkan HR dengan automasi chat layanan personalia. Kuota cuti, SOP maupun urusan personalia lain yang bisa diatur sesuai kebutuhan perusahaan.

Employee inbox

Kotak pesan untuk menyimpan informasi penting karyawan seperti kontrak kerja, sertifikat, spt pajak, slip gaji dan dokumen personal karyawan lain.

Personalia broadcast

Kirim pesan broadcast keseluruh karyawan atau pilih sesuai role. Kirim kapan saja tanpa biaya tambahan tanpa biaya apapun.

Company news

Jadikan karyawan yang pertama kali tau tentang update perusahaan. Miliki media resmi sendiri dalam bentuk apps sebagai jalur komunikasi yang paling mudah diakses untuk karyawan.



Benefit (satu aplikasi, dapatkan semua benefitnya)

All in one apps

Selesaikan berbagai aktivitas cukup menggunakan satu aplikasi. Berkomunikasi, kolaborasi dan semua urusan personalia

Employee privacy

Satu channel khusus untuk berinteraksi urusan pekerjaan tanpa khawatir privasi urusan pribadi 

Advance Personalia

Mudahkan karyawan anda, untuk mendapatkan semua layanan personalia terbaik, satu pintu, satu aplikasi 

Data security

Mudahkan komunikasi dan akses ke seluruh karyawan perusahaan tanpa khawatir dengan keamanan data. Pengelolaan server private di tempat anda.

Employee Productivity

Dengan semakin mudah akses informasi, komunikasi dan kolaborasi dalam satu tempat, efektivitas kinerja karyawan semakin melesat.

Ada beberapa harga yang ditawarkan oleh worxspace. Masing masing harga mempunyai kapasitas yang berbeda beda. Mulai dari, starter untuk 50 pengguna. Start pro untuk 200 pengguna. Magna pro untuk 500 pengguna, Summa pro untuk 1000 pengguna.

Sebagai seorang pekerja kerja keras aja gak cukup

Zaman sekarang udah gak cukup kalau hanya ngandelin kerja keras, kerja cerdas penting banget buat ningkatin produktivitas.

Karena waktu itu bagian dari aset, kalau mau nyelesein kerjaan lewat hp tapi ujung-ujungnya malah banyak banget notifikasi yang muncul justru bikin kita terdistraksi buat klik notifikasi yang gak ada hubungannya sama kerjaan kita. Kerja jadi gak fokus, waktu terbuang gitu aja.

Aplikasi worxspace ini memang dirancang untuk karyawan-karyawan yang kerja di era 4.0. Yang isinya orang-orang yang butuh teknologi buat kerjaannya tapi harus minim distraksi supaya hemat waktu dan lebih produktif.

Otak manusia pada dasarnya memang gak bisa digunakan untuk multitasking. Teknologi zaman sekarang memang dibuat untuk menghibur dan mengalihkan fokus kita.

Nah, aplikasi worxspace justru dibuat untuk menjawab semua kegalauan kita saat ini. Supaya kita lebih fokus dan produktif saat kerja. Buruan pakai aplikasi worxspace. Kalau gak sekarang, kapan lagi?

Sumber :

Detikfinance.com

Canva

Website worxspace

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun kebahagiaan keluarga dengan petualangan oreo wafer

Education is first step, for creating sustainable technology

Bisnis barang bekas jadi satset pakai kiriminaja