Bisnis barang bekas jadi satset pakai kiriminaja



Sering sekali saya melihat sebuah rumah yang mana isi anggota rumah tersebut ada bayi dan balita. Kebanyakan pemandangan halaman rumah tersebut berisi stroller, push walker, sepeda roda tiga,  skuter, sepeda roda empat, mobil remote, dan lain-lain.

Dalam hati saya bertanya, apakah itu semua terpakai?. Tentu, semua barang tersebut terpakai, hanya ketika anak kecil. Setelah itu, anak-anak akan tumbuh dengan cepat, mereka tidak lagi membutuhkan barang tersebut dan seringnya mereka sudah tidak mau menggunakan barang tersebut. Masa pemakaian barang-barang bayi memang sangat sebentar.



Hal tersebut yang menginspirasi saya untuk membuka usaha jual beli preloved atau barang bekas kebutuhan bayi layak pakai. Usaha ini, tidak hanya profitable atau menguntungkan tetapi juga sustainable yaitu menjaga lingkungan tetap lestari. Menurut survey yang dilakukan oleh Everyday Health Group, 66 persen ibu baru atau ibu hamil melaporkan telah memilih barang preloved untuk mempersiapkan kebutuhan untuk bayinya.

Semua pernak-pernik kebutuhan sikecil tetap bisa terpenuhi dengan harga yang jauh lebih murah, tetapi kualitas masih sangat bagus. Sebenarnya latar belakang pendidikan saya adalah S1 Pendidikan. Jauh dari belajar bisnis dan perekonomian, saya belajar secara otodidak saja mengenai wirausaha, berdagang, dan berbisnis. Pengalaman pahit awal menjalankan bisnis sudah pernah merasakan, ditipu saat pertama kali membuka usaha, sudah pernah menutup usaha karena tidak mendapatkan keuntungan. Sampai akhirnya jual beli barang bekas ini  merupakan bisnis ketiga saya.

Selain itu, hasil riset dalam laporan digital Mom and Babby Shopper Profile in Indonesia dari ecommerceIQ mengungkapkan 66% konsumen Indonesia berbelanja produk ibu dan anak secara online. 

 


Kenapa saya yang sudah mendapatkan uang bulanan dari suami saya, kenapa mau repot-repot menjalankan usaha?. Bukankah lebih enak hanya duduk manis menerima gaji suami sembari mengurus anak dan rumah?.

Sebuah masa depan yang menginspirasi saya untuk tetap menjalankan usaha ditengah sibuknya mengurus anak. Saya tidak tau, masa depan suami saya apakah bisa selalu bekerja untuk keluarganya?. Ya memang, bisnis saya saat ini, belum bisa meraup omset ratusan juta rupiah. Tetapi jika saya berfikir lagi, bisnis kecil saya ini lebih baik daripada saya hanya mengisi waktu luang saya untuk scrolling media sosial. Selain itu, ada banyak manfaat berbisnis untuk ibu rumah tangga, mari kita bahas di bawah ini.



1. Meningkatkan kreativitas

Ketika menjalankan bisnis tentu bunda harus berfikir untuk membuat produk menarik, melakukan promosi, meningkatkan produk, dan lain-lain. Hal tersebut akan menjadi kebiasaan dan membuat bunda lebih kreatif dalam menemukan solusinya.



2. Mempersiapkan Dana untuk hari tua

Memiliki penghasilan lebih tentu menjadi peluang bagi bunda menyimpannya untuk kebutuhan finansial di masa depan. Biasa disebut dengan financial freedom yaitu kebebasan finansial, sehingga bisa pensiun dini.



3. Membantu sesama perempuan

Sering kali dalam grup jual beli barang bayi, saya melihat alasan para ibu menjual barang-barang bayi yaitu untuk membeli susu anaknya, untuk biaya lahiran. Hal tersebut yang menggerakkan hati saya untuk menjual barang bekas bayi dengan jangkauan lebih luas, saya tawarkan di beberapa platform jual beli. Alhamdulillah banyak yang sudah terjual. Orang yang membeli, mendapatkan keuntungan harga termurah. Orang yang menjual juga bahagia, barangnya terjual sehingga bisa untuk mencukupi kebutuhannya.



4. Berbisnis turut menjaga kelestarian lingkungan 

Dalam lingkup mayoritas keluarga di Indonesia, membeli barang bekas untuk kebutuhan bayi, merupakan hal yang tidak normal, dianggap tidak mempunyai uang. Melalui tulisan ini, saya ingin menyatakan bahwa mempersiapkan kebutuhan anak, baik itu dari masa new born, toddler dan kids. Normal saja, jika menggunakan barang bekas. Yang terpenting tidak berbahaya untuk anak kita. Sebagai pembeli, kita juga diberitahu penjual apa saja kekurangan barang tersebut. Dengan kita membelikan anak kita barang bekas, berarti kita turut berkontribusi untuk pelestarian lingkungan, karena kita memperpanjang usia barang tersebut, sehingga meminimalisir tumpukan sampah. Jangan salah, diluar sana ada banyak orang baik hati yang menjual barang-barang bayi dengan harga sangat murah dengan kualitas yang masih bagus.



5. Tetap berpenghasilan tanpa meninggalkan kewajiban keluarga

Mencari uang ketika anak saya tertidur, menjalankan bisnis ketika anak saya sedang tenggelam dengan permainannya, merupakan hal yang saya syukuri saat ini, saya tetap memantau tumbuh kembang anak saya dari berbagai aspek. Sembari saya bisa berbisnis, menghasilkan rupiah untuk perputaran ekonomi keluarga dan negara. Lalu bagaimana, saat perlu mengirim barang kepada pelanggan, padahal saya mempunyai dua anak dengan jarak dekat. Barang yang saya jual, rata-rata mempunyai berat barang  lebih dari 2kg. Hal ini, yang dulu saya khawatirkan ketika memilih bisnis barang bekas. Bagaimana harus mengantar paket ke ekspedisi, sedangkan aku mempunyai balita dan bayi, tempat ekspedisi jauh, suami juga selesai kerja sudah larut malam. Pernah saya menunda mengirim barang selama dua minggu, karena anak saya sakit, saya hampir tidak ada kesempatan untuk mengantarkan jualan saya ke ekspedisi.



Tetapi sekarang syukur Alhamdulillah, aku mengetahui info aplikasi kiriminaja. Kiriminaja yaitu aplikasi pengiriman paket hanya lewat gadget. Iya, aku hanya duduk manis di rumah dengan anak-anak, bapak kurir dengan ekspedisi pilihan pelangganku sudah siap depan rumah, mengambil paket yang aku kirim. 



Bisa pembayaran cod gak, pakai kiriminaja? Jelas bisa dong, karena cod termasuk sistem pembayaran favorit pembeli. Untuk pilihan ekspedisi lain, juga sangat banyak, minta dikirim langsung hari ini, juga sudah tersedia pilihannya.



Untuk pemilihan paket pickup, kita bisa memilih waktu pengambilan, sehingga tidak mengganggu aktivitas kita, yang terpenting juga ada fitur lacak paket, untuk menghindari paket hilang atau salah alamat.

Bertransaksi lewat aplikasi kiriminaja juga meminimalisir terjadinya penipuan. Kenapa seperti itu?, seperti yang sudah kita ketahui bersama, berbisnis secara online sangat mudah disalahgunakan oleh beberapa oknum, untuk melakukan penipuan. Saya sebagai penjual, harus membangun kepercayaan pembeli, salah satunya dengan menggunakan sistem cod yang ada di aplikasi kiriminaja. Pembeli banyak berdatangan, saya sebagai penjual mendapatkan keuntungan maksimal.



Yang sering jadi pertanyaan pembeli yaitu, ongkirnya berapa ya?. Sudah paling satset pakai aplikasi kiriminaja bisa sekalian cek ongkir disemua jenis ekspedisi.



Sipaling suka bonusan, harus banget pakai aplikasi kiriminaja, karena ada program loyalty untuk setiap paket yang kita kirimkan.

Saya menyesal, kenapa baru sebulan ini saya mengetahui aplikasi kiriminaja yang bisa menjemput paket saya. Bersyukur, saya tidak perlu membawa beban berat paket saya, atau mengantri di ekspedisi, untuk mengirimkan paket jualan saya.

Cara mendaftar dan mengirim paket  lewat kiriminaja, cukup mudah ya.

1. Install aplikasi kiriminaja di playstore untuk pengguna android, dengan logo seperti di bawah ini



2. Mengisi data diri, siapkan KTP


3. Selamat, ada berbagai info promo ekspedisi yang langsung masuk ke notif nomor kita. Bisa jadi ajang promo ongkir ke pembeli. Kiriminaja juga sering mengadakan kegiatan yang berhadiah, modal bisnis sebesar 50juta.



Penutup

Bagaimana saya yang hanya seorang ibu, terbiasa belajar masak dan mendidik anak, harus terjun ke dunia bisnis. Ya memang tidak mudah, tetapi akan terasa sangat bahagia, jika bisa menjadi ibu yang punya penghasilan hanya dari rumah. Raga saya memang di rumah dengan anak-anak, tetapi koneksi, relasi, dan komunikasi harus tetap saya latih dan saya kembangkan. Menggunakan aplikasi kiriminaja, merupakan salah satu bukti, bahwa kita memanfaatkan teknologi secara positif, mari tumbuh dan berkembang bersama dalam memajukan perekonomian negara, bagaimana caranya?. Mulai saja dulu, berbisnis dengan apa yang kamu sukai, tentukan harga dan target marketmu, jangan lupa juga supaya bisnis lebih satset pakai aplikasi kiriminaja, sebagai penjemput paketmu.




Sumber: 

https://www.alona.co.id/bisnis/7-keuntungan-menjalankan-bisnis-untuk-ibu-rumah-tangga

https://www.popmama.com/life/home-and-living/sittah-husnul-khotimah/keuntungan-bisnis-dari-rumah-untuk-ibu-rumah-tangga

https://m.bisnis.com/amp/read/20181012/12/848677/66-konsumen-indonesia-berbelanja-produk-ibu-dan-anak-secara-online

https://www.haibunda.com/kehamilan/20230710113034-49-310028/ingin-beli-barang-bayi-baru-lahir-bekas-ketahui-apa-saja-yang-boleh-dan-harus-beli-baru

Kiriminaja.com

Canva

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun kebahagiaan keluarga dengan petualangan oreo wafer

Education is first step, for creating sustainable technology