KOPI TENGIL, KOPI dan kamu

 

Memilih untuk menjadi ibu rumah tangga setelah menjadi guru dengan gaji bulanan yang tetap. Bukan hal yang mudah untuk saya pribadi, menjalankan keuangan rumah tangga, hanya dari satu pintu pemasukan. Memaksa saya untuk memutar otak, bagaimana caranya supaya keuangan rumah tangga bisa stabil.

Mulai dari melamar kerja di beberapa sekolah hingga mencoba peruntungan lewat dunia tulis menulis. Maklum, belum ada yang berhasil. Karena masih pandemi, sekolah-sekolah masih banyak yang menerapkan pembelajaran jarak jauh. Dunia pendidikan masih penyesuaian untuk membuka pembelajaran tatap muka. Sehingga masih sedikit, sekolah- sekolah yang melakukan perekrutan guru. Dari dunia tulis menulispun sama, masih belum menghasilkan secuanpun.

Akhirnya saya berfikir untuk mencoba peruntungan dalam dunia berbisnis. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan selain modal untuk terjun dalam dunia bisnis yaitu, peluang, riset, dan strategi marketing.

PELUANG



 Pandemi sudah berjalan satu tahun lebih, tempat ibadah, hiburan, wisata, supermarket, tempat bekerja, berpergian ke luar kota, sudah bisa dilakukan dalam kondisi new normal. Yaitu orang-orang tetap beraktifitas dengan menerapkan protokol kesehatan. Tepat di daerah sekitar rumah saya di Malang. Ada beberapa meter tanah yang diisi oleh beberapa macam kafe dengan keunggulannya masing-masing.

Grafik di atas adalah gambaran, mengapa masyarakat menyukai minum kopi, dan prosentase masyarakat yang menyukai minuman kopi. Ada tipe kafe yang mengunggulkan tempat, harga, jenis kopi, makanan tambahan, ataupun live musik. Kafe yang saya temui disini setiap malam, hampir selalu penuh dari ujung ke ujung, Walaupun tidak terletak di pinggir jalan raya besar. Nyatanya kebutuhan kafe ini, sangat banyak peminatnya, khususnya untuk anak muda, untuk berkumpul .bermain musik, bertemu dengan teman, mengobrol, atau hanya sekedar melepas kebosanan.

Kafe dan kopi saat ini, bukan hanya sekedar trend tetapi sudah menjadi kebutuhan. Karena dunia bergerak begitu cepat. Pekerjaan yang saat ini sedang kita geluti, bisa jadi lima tahun kedepan, sudah tidak dibutuhkan kembali. Menjamurnya start up, content creator, membuat orang harus membiasakan diri untuk mengasah kreativitasnya, dan kopi adalah jenis minuman yang bisa memunculkan ide dan kreativitas baru.

RISET

Kopi adalah salah satu minuman yang sering diminun oleh masyarakat pencari ide dan inspirasi. Bukan hanya masyarakat yang bekerja di bidang start up dan content creator saja yang sering dan hobi minum kopi. Pegawai kantor, mahasiswa, anak sekolah, juga banyak yang menikmati kopi. Menjamurnya kedai kopi hingga supermarket juga menyediakan layanan pembelian kopi langsung minum dengan beberapa macam harga.

                 Tahun 2021, tipe masyarakat Indonesia sangat cepat bosan terhadap suatu tempat. Mereka sering berpindah pindah tempat untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas mereka. Baik itu di tempat yang gratis atau berbayar. Bisnis online kopi, bisa menjadi peluang yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga seperti saya. Bisa menjual kopi siap seduh dalam kemasan hangat ataupun dingin.  Untuk pembelian pertama, para pelanggan diberikan botol ramah lingkungan, bisa digunakan untuk pemakaian selanjutnya, dan untuk pembelian selanjutnya, pelanggan bisa menggunakan kopi tengil dari bahan ramah lingkungan yaitu kertas, dengan harga lebih murah daripada pembelian pertama dengan kemasan botol.

                Untuk menjaga kopi, agar tetap dingin atau hangat, penjualan dikemas menggunakan cooler bag dengan ukuran sesuai botol kopi tengil. Sehingga mudah dibawa kemana mana. Mencoba peruntungan minuman siap saji dalam bisnis online, selain membaca peluang, menemukan ide bisnis, kita perlu memasarkan bisnis kita. Salah satunya dengan membuat website khusus bisnis online.

STRATEGI MARKETING

Apa saja keuntungan membuat website untuk bisnis online kita?. Kita akan terlihat professional dibandingkan dengan kompetitor kita, menjangkau pasar yang lebih luas, katalog kita akan ditampilkan jauh lebih jelas, dan kita bisa memiliki data orang-orang yang mengunjungi website kita, mulai dari umur, gender, lokasi, email dan itu sangat penting untuk memainkan ads, sehingga ads kita bisa tepat sasaran.

Tidak perlu bingung untuk para pembaca yang memiliki kelemahan dalam bidang IT dan mengelola website. Harus memulai darimana untuk membuat website bisnis online kita. Kita cukup mengetikkan di mesin pencari google yaitu exabytes indonesia, disitu akan muncul beberapa artikel yang berisi tentang macam macam harga hosting untuk bisnis kita mulai dari harga Rp69.000 sampai Rp129.000.

              Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang kita peroleh, jika membeli hosting di exabytes indonesia, beli hosting gratis domain, paket hosting 60GB untuk UKM Go-online.  setiap pembelian paket growpro, hosting kapasitas besar, hemat dan berkualitas, dijamin harganya murah tetapi tetap berkualitas dan bisa menyimpan data dengan traffic tinggi, server dan jaringan cepat, pasti cepat karena jaminan tier-3 server uptime 99.9%, support teknis siap siaga 24jam untuk membantu permasalahan teknis, dijamin membuat bisnis online kamu semakin berkembang dan dikenal luas. Untuk bisnis online disarankan untuk menggunakan layanan hosting grow pro.

                Berikut ini adalah gambaran fitur website bisnis online kita, ada fitur about us, about us ini diperlukan untuk website bisnis agar konsumen yang belum mengetahui lebih detail tentang bisnis kita, bisa mendapatkan informasi tentang siapa kita dan produk apa yang kita tawarkan.

    Fitur contact us, fitur ini penting banget dan harus ada di website bisnis kita. Fitur contact us berfungsi untuk membantu konsumen ketika mengalami kendala pemesanan maupun saat mereka ingin menyampaikan complain terkait produk di website kita.

    Product catalogue, yang paling penting adalah mencantumkan katalog produk yang menarik dan bervariasi. Jangan lupa untuk mencantumkan harga dari produk yang kita jual. Supaya konsumen bisa langsung mempertimbangkan harga dari produk di website kita.

    Checkout process, ini adalah proses yang penting bagi para konsumen yang akan melakukan order di website bisnis kita. Website bisnis kita harus memiliki fitur checkout yang mudah seperti menyediakan fitur wishlist, shopping cart, dan metode pembayaran yang bisa dipilih oleh konsumen.

    FAQ (Frequently Asked Questions) FAQ ini dapat membantu para konsumen yang memiliki pertanyaan serupa untuk mendapatkan informasi. Serta memudahkan kita sehingga tidak perlu kerepotan untuk menawab pertanyaan yang sama berulang kali.

    Newsletter, newsletter form diperlukan untuk mendapatkan data konsumen berupa e-mail sehingga dapat menyebarkan informasi tentang produk kita pada konsumen. Selain itu, juga dapat menawarkan promo-promo menarik lewat e-mail agar konsumen tertarik.

        Bisnis online saat ini, tidak hanya terpaku pada baju, make up, perhiasan, atau hal lain yang tidak berkaitan dengan makanan dan minuman siap saji. Tidak perlu ragu lagi yang akan mencoba peruntungan bisnis online dengan makanan-minuman siap saji, seperti kopi tengil. Nyatanya menurut statista LFQ bisnis online makanan-minuman siap saji mencapai penghasilan 122,74 dollar amerika pada tahun 2020.

Pastikan untuk menjadi pengusaha pembelajar, yaitu mau berinovasi, mau mencari informasi, dan mau belajar hal baru, untuk pengembangan bisnis online kita. Salah satunya yaitu mulai belajar mempunyai website bisnis online kita, dengan membeli di exabytes Indonesia, dapatkan keuntungan dan kemudahan untuk menjalankan website tersebut. Yang pasti, bagi pengusaha bisnis online website tersebut bisa meningkatkan penjualan kita.

 

Sumber :

·         Intagram (exabytes)

·         https://www.exabytes.co.id/blog/cara-mudah-membuat-website-bisnis-dan-mengoptimalkannya/

·         https://www.exabytes.co.id/web-hosting/membuat-website

·         https://tirto.id/geliat-bisnis-pesan-antar-makanan-di-tengah-sebaran-virus-corona-eDCC

·         https://www.gramedia.com/blog/tren-ngopi-kekinian-di-indonesia-infografis/#gref

 Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Exabytes Season 2




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun kebahagiaan keluarga dengan petualangan oreo wafer

Education is first step, for creating sustainable technology

Bisnis barang bekas jadi satset pakai kiriminaja