Benarkah me time bisa membuat bunda menghilangkan stress?

    Anak gtm, muntah, anak sakit demam, berantakin mainan. Selalu ada saja pemicu Untuk memunculkan stress pada diri bunda. Zaman digital segalanya mudah diakses, mulai dari tips parenting, menu mpasi, cara mengatasi anak tantrum, hingga cara dekat dengan anak usia remaja.

    Sayang nya banyak para bunda yang menghealing lewat media sosial ditengah himpitan kesibukannya. Lalu kira-kira apa ya bunda, yang muncul seliweran di media sosial?

    Pasti anak yang lahap makan, padahal anak kita lagi gtm parah. Anak yang udah lancar jalannya, padahal anak kita 15 bulan masih belum bisa jalan. Orangtuayang sabar banget ngadepin 2 toodler yang lagi berantem, lah kita kelepasan mulu.  

   Buka media sosial pingin ngilangin stress kenapa tambah pusing ya, terus gimana dong?. Padahal kalau gak scroll media sosial, ngerasa stressnya belum ilang, kayak kepikiran terus gitu. Apa harus di unfollow aja ya, akun akunnya, bikin insecure, over thinking, padahal pingin healing.

     Sebenarnya insecure dan overthinking ini, gak hanya dialami para mommy ya moms. Anak muda, remaja, pegawai, mahasiswa.  Semua jugapernah mengalami insecure dan overthinking.

    Lalu kenapa jika hal tersebut terjadi pada para ibu, bisa sangat berbahaya. Karena ibu meletakkan hal tersebut pada orang lain, yaitu anaknya, yang mana sejauh ini, si ibu berusaha mati-matian untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan untuk dirinya sendiri,  pingin dapet beasiswa, pingin dapet ranking, pingin dapet kerjaan di perusahaan bergengsi, semuanya tercapai.



    Tetapi kenapa saat hal tersebut diletakkan pada orang lain yaitu anaknya. Jangankan masalah masa depan anaknya, masalah anaknya susah makan aja, bisa bikin insecure tak berkesudahan. Jadi gimana dong, solusi untuk para bunda yg me timenya scrolling media sosial

1. Sah sah aja ya bun untuk unfollow akun akun yang bikin insecure dan overthinking. Bunda harus udah bisa milih atau bedain, mana akun yang mengedukasi mana akun yang malah bikin insecure dan overthinking.

Yang kedua cara me time yang sederhana buat bunda

2. Tarik nafas dan elus dada

Pernah gak bun, nangis-nangis karena, duh aku tadi kelepasan marahin anakku, bentak anakku, sekarang nyesel banget, habis minta maaf ke anak, besok diulang lagi. Ini bikin stress tak berkesudahan ya bun.

  Percaya gak bun, kalau tarik nafas dan elus dada aja, bisa termasuk me time terhebat sepanjang aku jadi ibu. Cara me time yang ketiga yaitu, saat menyusui dbf. Kebetulan aku full ibu rumah tangga, nyusui dbf itu, jadi kayak bisa ngilangin lelah, jadi seneng banget kalau anak minta nenen, bisa pelukan, ngerasa nyaman, dan lama-lama saling tertidur aku dan anakku, me time surga banget ini.

   Me time yang keempat yaitu, isi jurnal saat anak bobok. Nulis atau ngisi jurnal, bisa ngalirin pikiran kita, sekaligus bisa membreak down tanggung jawab kita sebagai ibu.

Isi jurnal apa aja, yg bisa bikin me time beneran ilang

1.Jurnal meal plan

2. Jurnal seharian ini kita mau ngapain aja

3. Jurnal mimpi kita, yang nantinya jika sudah terwujud bakalan kita checklist

Me time yang kelima yaitu bisa kita isi dengan mewujudkan mimpi kita,

   Misal mommy punya mimpi jadi content creator atau pingin kerja lagi atau pingin kuliah lagi atau pingin nerbitin buku di penerbit mayor atau pingin jualan. Pelan-pelan mulai kita cicil dan kita wujudkan mimpi kita mom, walaupun progressnya gak bisa langsung banyak kayak dulu zaman kita masih single, tapi bisa happy aja, kalau ada progress sedikit demi sedikit menuju mimpi kita.

   Me time yang keenam jalan jalan pagi sama sikecil sekaligus olahraga buat mommynya. Buat anaknya dapat vitamin D, sekalian jalan-jalan beli telur, sayur atau ngelihat anak sekolah main-main. Kalau aku sekalian nunggu dan ngelihatin bis kota lewat. Kebetulanaku dan anakku sama-sama suka lihat bis kota.



   Ibu lebih stress saat mengasuh anak dibandingkan ayah. Penelitian itu mengatakan, seorang mama yang mengasuh anak mengalami ketegangan berlebih, gangguan tidur, dan sedikit waktu luang untuk dirinya. Riset yang dilakukan pada 2010, 2011, hingga 2013 melibatkan 12.000 orang tua di Amerika. Namun lebih lanjut riset ini menjelaskan tidak berarti wanita tidak menikmati perannya sebagai seorang mama, terus gimana dong, kalau udah ngelakuin tips2 me time di atas, tapi masih stress saja.

 Me time tidak hanya kondisi fisik saja ya bun, bunda pernah merasakan, sedang nonton drakor tapi mikirin masakan, anak gtm, kondisi ekonomi. Mikir gimana bisa kerja lagi, sekolah lagi, mikir gimana caranya berdaya.



   Me time bukan istirahat fisik ya bun, tapi istirahat lahir dan batin, usahakan saat me time semua kerjaan udah selesai, udah beres, supaya gag ada lagi istilah. Udah me time, tapi masih capek. Kita gag pernah bisa resign untuk menjadi ibu rumah tangga, secapek capeknya kita menyesalnya kita, karena udah marah ke anak Kita ya tetap, kita ibunya anak-anak kita. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

   Semakin kesini, semakin merasa, bahwa jadi ibu yang bahagia itu penting. Aku full time mom ,yaudah gagpapa, aku suka beli masakan yaudah gagpapa, terkadang rumahku berantakan yaudah gagpapa, terkadang lupa gag bacain buku untuk anak yaudah gagpapa, terkadang anak mandinya telat yaudah gagpapa, terkadang anak main sampai kotor, yaudah gagpapa, terkadang aku dicibir orang lain, karena gak bisa ngerawat anak, yaudah gagpapa.

    Aku kadang bangun kesiangan, yaudah gagpapa. Yaudah gagpapa untuk kesalahan - kesalahan yang aku alami dan berproses untuk memperbaiki merupakan me time ku semenjak hampir 2 tahun aku menjadi ibu, Sharing ya bun, bagaimana bunda mengelola waktu me time.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun kebahagiaan keluarga dengan petualangan oreo wafer

Education is first step, for creating sustainable technology

Bisnis barang bekas jadi satset pakai kiriminaja