Siap menghadapi dunia kerja dengan kuliah di Sampoerna University

 


Sudah menjadi fitrah manusia untuk  mempersiapkan sesuatu yang akan terjadi atau yang biasa disebut dengan perencanaan. Kenapa mayoritas manusia dimuka bumi ini, merencanakan masa depan?, karena manusia ingin hasil yang maksimal dalam sebuah perencanaan. 






Seperti anak muda yang merencanakan masa depannya sejak dini, maka akan dapat mencapai masa depannya dengan maksimal, walaupun ada satu atau dua hal yang tidak sesuai dengan perencanaan, tetapi setidaknya anak muda tersebut tidak lupa dengan tujuannya sehingga bisa mencari jalan lain yang terpenting tujuannya tercapai.







Kebebasan finansial merupakan salah satu hal yang harus direncanakan sekaligus diperjuangkan? Kenapa kebebasan finansial harus diperjuangkan? Karena kita makhluk sosial yang salah satunya mendapatkan kebahagiaan dengan berinteraksi dengan orang lain dan membantu sesama.



Bekerja merupakan suatu cara untuk mendapatkan kebebasan finansial, tidak mungkin terus menerus bergantung kepada warisan. Banyak teman kuliah saya yang kerja tidak sesuai jurusan, banyak beberapa orangtua yang bingung mencukupi kebutuhan "harus kerja apalagi ya, untuk menembel kebutuhan rumah tangga." Sering melihat pendaftaran pns,pppk, atau instansi pemerintah lain yang sangat berbanding terbalik dengan jumlah pegawai yang dibutuhkan.


Perlu gak ya, menyiapkan generasi muda yang handal berkarya, bekerja, dan berinovatif di zaman sekarang ini?, karena kebutuhan pekerja dan jenis-jenis pekerjaan akan semakin beragam dan bisa jadi berbeda kebutuhannya dari tahun ke tahun, untuk itulah perlunya menyiapkan dan merencanakan anak muda yang siap menghadapi dunia kerja di era kompetisi global saat ini. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan: 




1. Cakap berteknologi 

Dari tahun ke tahun permasalahan dimuka bumi ini akan semakin beragam. Canggihnya teknologi menjadi salah satu solusi yang paling banyak dikagumi didunia, karena bisa menguraikan masalah di masyarakat. Menguasai teknologi menjadi salah satu bekal untuk mencari pekerjaan, dan menciptakan lowongan kerja.







2. Cakap berinteraksi dan berkomunikasi 

Mempunyai empati yang tinggi juga merupakan sebuah kompetisi yang terlihat sederhana tetapi harus dimiliki, kenapa harus memiliki jiwa empati yang tinggi?. Untuk menciptakan sebuah lapangan kerja, perlu sering berkomunikasi dengan masyarakat sehingga mengetahui, apa saja yang dibutuhkan masyarakat, lowongan kerja seperti apa yang akan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kompetisi yang terlihat sepele tetapi sangat berpengaruh ini, harus dilatih supaya kita bisa bersama-sama meningkatkan taraf hidup masyarakat.








 3. Memiliki kemampuan berbahasa asing

Menjadi manusia pembelajar tentu siap menjadi manusia yang mau belajar lewat media manapun, untuk mengembangkan soft skill dan hard skill saja, bisa kita lakukan di dalam rumah. Bisa belajar dan membaca dari video atau karya sesama warga Indonesia atau milik warga asing. Sudah pasti, memiliki kemampuan berbahasa asing mempermudah kita dalam belajar kintas dunia, karena ilmu ini tidak terbatas semakin banyak kita mencari tau dan belajar maka kemampuan kita akan semakin terasah, dengan begitu pundi-pundi uang akan menghampiri kita. Seperti pepatah, jangan sibuk mengejar uang, tetapi sibuklah mengupgrade skill, menyesuaikan ilmu dengan perkembangan zaman, maka uang akan datang kepada kita.








4. Memilih kampus bertaraf internasional 

Tidak dapat dipungkiri, salah satu hal yang membuat perekonomian Indonesia maju yaitu lewat pendidikan. Lewat pendidikan anak anak dan pemuda pemudi indonesia bertukar fikiran dalam hal bisnis, ekonomi, ketimpangan sosial, dan banyak hal lain. Akses untuk bertemu orang-orang yang setiap harinya berkontribusi dalam masalah mengurangi pengangguran, peduli kesehatan mental, peduli gizi ibu dan anak, peduli akses pendidikan anak-anak Indonesia, atau masalah lain yang sedang terjadi di Indonesia. Masalah kekurangan ekonomi adalah masalah struktural, orang miskin menganggap orang kaya, punya banyak uang, ya karena mereka terlahir kaya, orangtua mereka mampu memfasilitasi mereka. Padahal yang sebenarnya terjadi, jika masyarakat miskin mendapatkan akses informasi pendidikan baik dalam hal beasiswa, pertukaran pelajar, pebimbing beasiswa atau pendidikan, maka rantai-rantai kemiskinan Indonesia akan terurai. Sehingga dapat meningkatan perekonomian Indonesia. Karena ilmu dasar tentang pemenuhan gizi diterapkan, memahami dan menjalankan pentingnya pendidikan, sehingga bisa berkontribusi karya untuk indonesia, melakukan sebuah solusi untuk beberapa masalah di Indonesia atau bahkan membuka lowongan kerja untuk masyarakat sekitar.


Apakah benar, pendidikan bisa memutus rantai kemiskinan? Menurut saya benar, pendidikan merupakan salah satu hal yang dapat memutus rantai kemiskinan, dengan pendidikan masyarakat mempunyai akses untuk ilmu, pekerjaan, atau sekedar pemberian gizi ke anak atau penerapan pola asuh ke anak, yang terlihat sepele tetapi ternyata merubah masa depan.







Kampus, jurusan, dan kurikulum seperti apa yang akan saya pilih.


 Rupanya pertanyaan tersebut, sering muncul dalam benak anak-anak indonesia, khususnya anak-anak SMA yang akan melanjutkan ke pendidikan tinggi. Hampir setiap anak SMA yang akan melanjutkan ke pendidikan perguruan tinggi, menimbang -nimbang apakah ini kampus terbaik, apakah ini jurusan terbaik, karena setelah lulus kuliah mereka akan dihadapkan dengan dunia yang sebenarnya yaitu dunia kerja, dunia bisnis, dan peluang beasiswa untuk kejenjang selanjutnya.







Menempuh pendidikan di Sampoerna University membuka peluang untuk mendapatkan akses terhadap 4 hal yang saya sebutkan di atas, karena Sampoerna University menggunakan kurikulum internasional.


Lalu apa lagi keuntungan yang diperoleh saat memilih kampus Sampoerna University.



Mendapatkan dua gelar yaitu gelar sarjana amerika serikat dan gelar sarjana Sampoerna University. Sampoerna University adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang menawarkan pendidikan tingkat tinggi ala Amerika. Satu-satunya sistem sekolah di Indonesia yang terintegrasi secara nasional berdasarkan kualitas dunia.







Belajar di Sampoerna University dengan kurikulum internasional atau sama dengan kurikulum di University of Arizona Amerika, berarti telah menghemat pengeluaran sebanyak 75% untuk akses pendidikan dan skill yang dibutuhkan di masa depan.







94 persen lulusan Sampoerna University, mendapatkan pekerjaan setelah 3 bulan lulus dari kampus.







Sampoerna University menawarkan program dengan biaya yang paling terjangkau, jangan khawatir Sampoerna University juga menawarkan banyak program beasiswa.





University of Arizona berada di peringkat nomor 46 di dunia, menurut council of world university rangkings (CWUR) tahun 2020-2021.

Kesimpulan 

Bekerja dan bebas finansial diusia muda, memang menjadi idaman dan target semua orang. Tetapi target tersebut, harus ditempuh dengan usaha dan doa yang maksimal. Sampoerna University dengan banyak kelebihannya merupakan kampus untuk mencapai target kita sebagai orang yang mudah mendapatkan pekerjaan, menciptakan pekerjaan, kreatif dalam menguraikan permasalahan masyarakat, sekaligus bisa meningkatkan soft skill dan hard skill kita. Tunggu apalagi, persaingan global dalam dunia kerja sudah dimulai, sudah saatnya mendaftarkan anak-anak kita untuk kuliah di Sampoerna University.


Sumber :

Canva

Web Sampoerna University 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun kebahagiaan keluarga dengan petualangan oreo wafer

Education is first step, for creating sustainable technology

Bisnis barang bekas jadi satset pakai kiriminaja